Rabu, 04 November 2009

PERILAKU KONSUMEN
Adalah tingkah laku dari konsumen, dimana mereka dapat mengilustrasikan pencarian untuk membeli, menggunakan, mengevaluasi dan memperbaiki suatu produk dan jasa mereka. Focus dari perilaku konsumen adalah bagaimana individu membuat keputusan untuk menggunakan sumber daya mereka yang telah tersedia untuk mengkonsumsi suatu barang.

Dua wujud konsumen
1. Personal Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk penggunaannya sendiri.
2. Organizational Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan dan menjalankan organisasi tersebut.

3 faktor yang mempengaruhi pilihan konsumen :
1. konsumen individu
2. pengaruh lingkungan
3. marketing srategi

Berdasarkan pada tingkat keterlibatan dan pengambilan keputusan ada empat tipe perilaku konsumen :

Proses keterlibatan tinggi :

1. Pengambilan keputusan yang kompleks
2. Kesetiaan pada suatu merek tertentu

Proses keterlibatan rendah :

3. pengambilan keputusan terbatas, dan
4. Inertia.

Production concept
Konsumen pada umumnya lebih tertarik dengan produk-produk yang harganya lebih murah. Mutlak diketahui bahwa objek marketing tersebut murah, produksi yang efisien dan distribusi yang intensif.

Product concept
Konsumen akan menggunakan atau membeli produk yang ditawarkan tersebut memiliki kualitas yang tinggi, performa yang terbaik dan memiliki fitur-fitur yang lengkap.

Selling concept
Marketer memiliki tujuan utama yaitu menjual produk yang diputuskan secara sepihak untuk diproduksi.

Marketing concept
Perusahaan mengetahui keinginan konsumen melalui riset yang telah dilakukan sebelumnya, kemudian memproduksi produk yang diinginkan konsumen. Konsep ini disebut marketing concept.

Market segmentation
Membagi kelompok pasar yang heterogen ke kelompok pasar yang homogen.

Market targeting
Memlih satu atau lebih segmen yang mengidentifikasikan perusahaan untuk menentukan.

Positioning
Mengembangkan pemikiran yang berbeda untuk barang dan jasa yang ada dalampikiran konsumen.




contoh :
Pada saat menjelang idul fitri/lebaran konsumen cenderung senang berbelanja atau membeli pakaian muslim untuk dikenakan pada saat hari raya idul fitri dan dipakai untuk berkunjung kerumah keluarga lain. kebiasaan ini dapat kita temui pada saat menjelang idul fitri di pasar-pasar,mall,pusat grosir dan toko-toko yang menjual pakaian muslim disekitar kita.
Banyaknya permintaan konsumen yang ingin membeli pakaian muslim inilah yang sering dimanfaatkan para produsen untuk memanfaatkan keadaan dengan menaikan harga jual hingga 2X lipat. namun karena kebutuhan akan pakaian muslim tersebut tetap membelinya.

Sumber : buku perilaku konsumen ,catatan dosen, google .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar