Minggu, 07 Maret 2010

Penalaran mahasiswa terhadap cara mengubah transportasi umum di Indonesia

Tidak dapat dipungkiri bahwa Kualitas transportasi publik perkotaan di Indonesia dapat dinilai masih rendah. Permasalahan ini terjadi karena terdapat berbagai kelemahan yang menjadi sebab terpuruknya kualitas pelayanan transportasi publik perkotaan. Bukan hanya soal ketersediaan, kelayakan dan bahkan kualitas sarana dan pra sarana transportasi, tetapi juga menyangkut mutu layanan kepada konsumen. Fakta keterbatasan sarana dan prasarana transportasi kita, amat jelas terlihat oleh karena itu perbaikan pelayanan yang dilakukan secara bertahap menjadi pilihan tepat. Maka, tuntutan akan adanya perbaikan pelayanan di seluruh jalur-jalur transportasi, menjadi hal yang wajar. Itulah yang kita harapkan. Fasilitas terperbaiki, ditambah dan pelayanan pun semakin ditingkatkan.
Secara teknis, perencanaan operasional transportasi publik perkotaan belum komprehensif dan mendalam. Menurut Dinas Lalu Lintas Angkutan Jalan (DLLAJ) perencanaan operasional transportasi publik perkotaan belum mencakup semua aspek-aspek yang terlibat di dalamnya seperti pola tata guna lahan, pola jaringan jalan, pola penyebaran penduduk, pola pergerakan, sistem operasi (rute/trayek) dan tingkat pelayanan. Akibatnya, alih-alih berfungsi sebagai solusi permasalahan lalu lintas kota, angkutan umum justru dianggap menjadi salah satu sumber permasalahan lalu lintas perkotaan. Secara ekonomi, kelemahan perencanaan terjadi dalam estimasi biaya dan manfaat operasional perusahaan penyedia jasa transportasi, Indikator yang paling mudah dilihat dari kelemahan ini adalah perilaku penentuan tarif angkutan umum.
Coba anda bayangkan, setiap pagi berangkat kuliah atau kerja menggunakan angkutan umum metro mini, angkot, kereta, taksi maupun bis transJakarta sudah membayar mahal tetapi pelayanannya sangat tidak memuaskan. Harus berdesak-desakan, panas, dan macet. Selain dari factor ketidak nyamanan terdapat factor ketidakamanan seperti banyaknya sopir-sopir yang ugal-ugalan serta tindak criminal diangkutan umum. Hal ini memicu kecelakaan dan rasa tidak aman pada para pengguna transportasi.
Solusi mengubah pelayanan transportasi umum adalah dengan mengurangi jumlah kendaraan pribadi dijalanan dan menyediakan anggkutan transportasi bersistem baru atau membatasi jumlah angkutan yang boleh beroperasi dijakarta agar tidak terjadi kesemerawutan dijalan.
Serta peran pihak berwajib seperti pemerintah dan polisi sangat diperlukan untuk menindak tegas para pembuat kemacetan dijalan.
Sumber :
www.google.com

Minggu, 28 Februari 2010

Penalaran mahasiswa terhadap kasus pembajakan industri musik.

Dalam industri musik sekarang ini tidak dapat dipisahkan dengan maraknya pembajakan. Hampir semua jenis musik baik pop,rock,dangdut,jazz, maupun keroncong baik dari dalam ataupun luar negri semua sudah dibajak.
Pembajakan bukan terjadi tanpa alasan tetapi didukung pula oleh teknoologi yang semakin canggih. Rekaman pita kaset hampir dianggap barang punah setelah muncul MP3. VCD pun semakin ketinggalan jaman setelah lahir DVD. Seperti yang kita ketahui bersama, hampir tidak ada orang yang mau dianggap ketinggalan jaman apalagi gagap teknologi. Dengan alasan itulah mereka membeli MP3 player atau DVD player. Tetapi MP3 player dan DVD player tidak akan berguna jika tak ada MP3 dan DVD itu sendiri. Karena itulah mereka membeli kepingan DVD atau MP3 terbaik, namun sayangnya besarnya keinginan untuk membeli DVD atau MP3 tersebut tidak diimbangi dengan luasnya pemasaran DVD dan MP3 asli atau original.
Selain kerugian, pembajakan musik juga menguntungkan karena menjadi salah satu cara promosi, pembajakan juga meningkatkan jumlah penjualan produk secara tidak langsung.
Sementara itu, sisi negatif pembajakan musik di Indonesia yaitu menyebabkan kerugian ekonomi. Dan jika ditinjau lebih lanjut, pembajakan musik yang dilakukan tidak hanya melalui pendistribusiannya tetapi juga dengan melakukan pengutipan isi,baik lirik maupun syair. Pembajakan lirik dan syair musik dapat mematikan inovasi dan kreativitas sehingga secara tidak langsung dapat mematikan industri musik bangsa.

Sebagai mahasiswa dan pencinta musik menurut saya Solusi untuk mengurangi pembajakan adalah melakukan sosialisasi menghargai karya seni original dan menindak tegas dan memberikan hukuman yang berat terhadap para pelaku pembajakan tersebut dengan UU pembajakan.

Referensi :
-http://www.google.com/m?q=sebab%20terjadinya%20pembajakan%20musik&client.

ATURAN DALAM MODEL DATA RELASIONAL

NULL
adalah nilai sebuah atribut yang tidak diketahui atau tidak ada pada sebuah tupel dalam tabel relasi. Misalnya pada contoh tabel MHS sebelumnya, seorang mahasiswa tidak diketahui alamatnya sehingga pada tupel yang mengidentifikasi mahasiswa tersebut nilai dari atribut alamat diisi dengan NULL.
Entity Integrity
adalah sebuah peraturan integritas yang menyatakan bahwa setiap tabel relasi harus mempunyai sebuah primary key, dan atribut/sekumpulan atribut yang dipilih sebagai primary key harus mempunyai nilai dan nilai tersebut harus unik dan tidak NULL.
Referential Integrity
adalah sebuah peraturan integritas yang menyatakan bahwa setiap atribut sebuah tabel relasi yang menunjuk ke tabel relasi lainnya harus merupakan hubungan yang valid. Berdasarkan contoh tabel MKUL dan NILAI sebelumnya, nilai atribut KDMK pada tabel NILAI harus merupakan data yang ada dan valid pada tabel MKUL yang ditunjuknya.

Referensi :
- Database System Concepts Silberschatz-Korth-Sudarshan, McGraw Hill, Fourth Edition, 2002.
- file:///E:/database/Pengenalan%20Model%20Data%20Relasional%20%C2%AB%20Rizarulham%27s%20Blog.htm

Minggu, 21 Februari 2010

Pengantar Data Dictionary

Pengantar Data Dictionary

Salah satu bagian yang paling penting dari database Oracle adalah kamus data, yang merupakan read-only set tabel yang memberikan informasi tentang database. Sebuah kamus data berisi:

  • Definisi dari semua objek dalam skema database (tabel, pandangan, indeks, cluster, sinonim, urutan, prosedur, fungsi, paket, memicu, dan sebagainya)
  • Berapa banyak ruang telah dialokasikan untuk, dan saat ini digunakan oleh, obyek skema
  • Nilai default untuk kolom
  • Kendala integritas informasi
  • Nama pengguna Oracle
  • Keistimewaan dan peran setiap pengguna yang telah diberikan
  • Informasi audit, seperti yang telah diakses atau diperbarui berbagai skema objek
  • Informasi database umum lainnya

Kamus data disusun dalam tabel dan pandangan, seperti data database lain. Semua kamus data tabel dan tampilan untuk database tertentu yang disimpan dalam database SYSTEM tablespace.

Tidak hanya kamus data sentral untuk setiap database Oracle, ini merupakan alat penting untuk semua pengguna, dari pengguna akhir untuk aplikasi desainer dan database administrator. Gunakan perintah SQL untuk mengakses data kamus. Karena kamus data read-only, Anda hanya dapat mengeluarkan query SELECT pernyataan) terhadap itu tabel dan tampilan.

Struktur Data Dictionary

Kamus data terdiri dari berikut:

Mendasari tabel yang menyimpan informasi tentang database yang terkait. Hanya Oracle harus menulis dan membaca tabel ini. User jarang mengaksesnya secara langsung karena mereka adalah normal, dan sebagian besar data yang disimpan dalam format samar.

User-Dapat diakses Views

Pandangan yang meringkas dan menampilkan informasi yang disimpan dalam tabel basis data kamus. Pandangan-pandangan ini decode tabel basis data menjadi informasi yang berguna, seperti user atau nama tabel, menggunakan bergabung dan WHERE klausa untuk menyederhanakan informasi. Kebanyakan pengguna diberikan akses ke pandangan daripada tabel dasar.

Pemilik dari Data Dictionary

Pengguna Oracle SYS memiliki semua dasar-tabel dan dapat diakses pengguna dilihat dari kamus data. Tidak ada pengguna Oracle akan pernah mengubah UPDATE DELETE atau INSERT baris atau skema apapun objek yang terdapat dalam SYS schema, karena kegiatan tersebut dapat membahayakan integritas data. Administrator keamanan harus tetap kontrol ketat dari pusat ini account.

Perhatian :

Mengubah atau memanipulasi data dalam kamus data tabel dapat secara permanen dan detrimentally mempengaruhi pengoperasian database.

Bagaimana Apakah Kamus Data Digunakan

Kamus data tiga penggunaan utama:

  • Oracle mengakses kamus data untuk menemukan informasi tentang pengguna, skema objek, dan struktur penyimpanan.
  • Oracle mengubah kamus data setiap kali satu bahasa definisi data (DDL) pernyataan dikeluarkan.
  • Oracle Setiap user dapat menggunakan kamus data sebagai hanya-baca referensi untuk informasi tentang database.

Bagaimana Menggunakan Oracle Data Dictionary

Data dalam tabel basis data kamus yang diperlukan untuk Oracle berfungsi. Oleh karena itu, hanya Oracle harus menulis atau mengubah kamus data informasi. Oracle menyediakan script untuk mengubah kamus data tabel ketika database di-upgrade atau didowngrade.

Perhatian :

Tidak ada data dalam tabel kamus data harus diubah atau dihapus oleh pengguna.

Selama operasi database, Oracle membaca kamus data untuk memastikan bahwa skema objek ada dan bahwa pengguna memiliki akses yang tepat bagi mereka.Oracle juga update kamus data terus-menerus untuk mencerminkan perubahan dalam struktur database, audit, hibah, dan data.

Misalnya, jika pengguna Kathy menciptakan tabel bernama parts maka baris baru ditambahkan ke kamus data yang mencerminkan tabel baru, kolom, segmen, luasan, dan hak istimewa yang Kathy telah di atas meja. Informasi baru ini kemudian terlihat saat berikutnya kamus pandangan bertanya.

Sinonim publik untuk Data Dictionary Views

Oracle menciptakan sinonim publik untuk banyak kamus data dilihat sehingga pengguna dapat mengaksesnya dengan mudah. Administrator keamanan juga dapat membuat sinonim publik tambahan untuk skema objek yang digunakan systemwide. Pengguna harus menghindari skema penamaan benda mereka sendiri dengan nama yang sama seperti yang digunakan untuk umum sinonim.

Kamus Data cache untuk akses cepat

Banyak informasi kamus data disimpan di SGA di kamus cache, karena terus-menerus Oracle mengakses database kamus data selama operasi untuk memvalidasi akses pengguna dan untuk memverifikasi keadaan obyek skema. Semua informasi ini disimpan dalam memori menggunakan paling terakhir digunakan (LRU) algorithm.

Parsing informasi yang biasanya disimpan di cache. The COMMENTS kolom menggambarkan tabel dan kolom mereka tidak di-cache kecuali jika mereka sering diakses.

Program lain dan Kamus Data

Produk Oracle lainnya dapat dilihat referensi yang ada dan membuat tabel kamus data tambahan atau pandangan mereka sendiri. Pengembang aplikasi yang menulis program yang mengacu pada kamus data harus merujuk pada nama-muradif publik daripada tabel yang mendasarinya: dalam nama-muradif lebih kecil kemungkinannya untuk beralih antara software release terbaru.

Cara Menggunakan Kamus Data

Pandangan dari kamus data digunakan sebagai referensi bagi semua pengguna database. Mengakses data kamus pandangan dengan pernyataan SQL. Beberapa pandangan yang dapat diakses oleh semua pengguna Oracle, dan lain-lain dimaksudkan untuk database administrator saja.

Kamus data selalu tersedia ketika database terbuka. Itu tinggal di SYSTEM tablespace, yang selalu online.

Kamus data set terdiri dari pandangan. Dalam banyak kasus, satu set terdiri dari tiga tampilan yang berisi informasi yang sama dan dibedakan satu sama lain oleh prefixes:

Table 4-1 Data Dictionary View Prefixes Tabel 4-1 Data Dictionary View Awalan

Awalan

Lingkup

USER

Apa yang ada dalam skema pengguna)

ALL

Memperluas pandangan pengguna (apa yang user dapat mengakses)

DBA

View database administrator (apa yang ada dalam semua pengguna 'skema)

Himpunan kolom identik di pandangan, dengan pengecualian ini:

  • Dilihat dengan awalan USER biasanya mengecualikan Kolom ini tersirat dalam USER pandangan menjadi pengguna mengeluarkan permintaan tersebut.
  • berapa DBA tinjauan memiliki kolom tambahan yang berisi informasi berguna bagi administrator.

Dilihat dengan Awalan PENGGUNA

Pandangan yang paling mungkin menarik bagi pengguna database khas mereka dengan awalan. Pandangan-pandangan ini:

  • Lihat pengguna lingkungan pribadi dalam database, termasuk informasi tentang skema objek yang dibuat oleh pengguna, hibah yang dibuat oleh pengguna, dan seterusnya
  • Tampilkan hanya baris yang berhubungan dengan pengguna
  • Kolom harus identik dengan tampilan lain, kecuali bahwa kolom OWNER tersirat
  • Kembali subset informasi dalam ALL dilihat
  • Dapat disingkat PUBLIC sinonim untuk kenyamanan

Sebagai contoh, pertanyaan berikut kembali semua benda yang terdapat dalam skema Anda:

 SELECT object_name, object_type FROM USER_OBJECTS; SELECT object_name, object_type DARI USER_OBJECTS; 

Dilihat dengan Awalan SEMUA

Dilihat dengan awalan ALL merujuk pada pengguna perspektif keseluruhan database. Pandangan-pandangan ini kembali informasi tentang obyek skema yang ditetapkan oleh pengguna yang memiliki akses melalui hibah eksplisit umum atau hak-hak istimewa dan peran, di samping skema benda-benda yang dimiliki pengguna. Sebagai contoh, pertanyaan berikut mengembalikan informasi tentang semua benda yang Anda memiliki akses:

SELECT owner, object_name, object_type FROM ALL_OBJECTS; SELECT pemilik, object_name, object_type DARI ALL_OBJECTS; 

Dilihat dengan DBA Awalan

Dilihat dengan awalan DBA menunjukkan pandangan global dari seluruh database. Sinonim tidak diciptakan untuk pandangan-pandangan ini, karena DBA pandangan harus bertanya hanya oleh administrator. Oleh karena itu, untuk query DBA pandangan, administrator harus awalan nama tampilan dengan pemiliknya, SYS sebagai berikut:

 SELECT owner, object_name, object_type FROM SYS.DBA_OBJECTS; SELECT pemilik, object_name, object_type DARI SYS.DBA_OBJECTS; 
 

Oracle menyarankan agar Anda menerapkan perlindungan kamus data untuk mencegah pengguna memiliki ANY hak istimewa sistem menggunakan hak istimewa seperti kamus data. Jika Anda mengaktifkan perlindungan kamus O7_DICTIONARY_ACCESSIBILITY adalah false maka akses ke obyek dalam SYS skema (kamus objek) dibatasi untuk pengguna dengan SYS schema. Pengguna ini SYS dan orang-orang yang terhubung sebagai SYSDBA

The DUAL Tabel

Tabel bernama DUAL adalah sebuah meja kecil di kamus data bahwa pengguna Oracle dan program-program yang ditulis dapat referensi untuk menjamin hasil yang diketahui. Tabel ini memiliki satu kolom disebut DUMMY dan satu baris yang berisi nilai X.

Dynamic Performance Tabel

Sepanjang operasinya, Oracle memelihara satu set tabel virtual yang merekam aktivitas database. These tables are called dynamic performance tables . Tabel ini disebut tabel performa dinamis.

Performa dinamis tabel tabel tidak benar, dan mereka tidak boleh diakses oleh sebagian besar pengguna. Namun, database administrator dapat query dan membuat pandangan di atas meja dan memberikan akses kepada orang-pandangan kepada pengguna lain. Pandangan-pandangan ini kadang-kadang disebut tetap dilihat karena mereka tidak dapat diubah atau dihapus oleh administrator database.

memiliki performa dinamis tables; nama-nama mereka semua dimulai dengan V_$. Tinjauan yang dibuat pada tabel ini, dan kemudian sinonim publik diciptakan untuk dilihat. Nama, sinonim dimulai dengan V$. Sebagai contoh, V$DATAFILE Tampilan berisi informasi tentang database datafiles, dan V$FIXED_TABLE Tampilan berisi informasi tentang semua kinerja dinamis tabel dan tampilan di dalam database.

Database Object Metadata Objek database artikel

The DBMS_METADATA paket menyediakan antarmuka untuk mengekstraksi database definisi lengkap objek. Definisi dapat dinyatakan baik sebagai XML atau sebagai SQL DDL. Dua gaya antarmuka yang disediakan:

  • Yang fleksibel, antarmuka untuk program canggih kontrol
  • Sebuah antarmuka untuk disederhanakan ad hoc query

Sumber :

1. Oracle9i SQL Reference

2. Referensi Oracle9i Database

3. Oracle9i Database Reference

4. Oracle9i Database Administrator's Guide

http://translate.googleusercontent.com/translate-c?hl=id&si=en&u=www.geekgirls.com/database-dictionary.htm&prev=/search%3fq%3Ddata%2Bdictionary%2Bdatabase%26hl%3Did&rur1=translate.google.co.id&usg=ALkJrhuguYOO1AT6oJBmd5Nk6Ds8wLuaA.

Rabu, 30 Desember 2009

PENGARUH BUDAYA TERHADAP SUATU PRODUK

Budaya adalah suatu hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Sedangkan kebudayaan adalah sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi ide dan gagasan yang terdapat salam pikiran manusia dalam kehidupan sehari-hari. Kebudayaan bersifat abstrak. Penelitian menunjukan bahwa kebudayaan merupakan pengaruh yang sugnifikan pada perilaku konsumsi dan kepemilikan barang. Salah satu dari sekian banyak produk konsumen sehari-hari adalah makanan dan minuman yang tidak biasa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari di suatu budaya.

Contoh :

Pengaruh Tela Krezz pada budaya Indonesia

Ketela adalah sejenis ubi rambat yang tumbuh di dalam tanah, ketela sering juga disebut singkong. Ketela pohon merupakan umbi atau akar pohon yang panjang dengan fisik rata-rata bergaris tengah 2-3 cm dan panjang 50-80 cm, tergantung dari jenis singkong yang ditanam. Daging umbinya berwarna putih atau kekuning-kuningan. Umbi singkong tidak tahan simpan meskipun ditempatkan di lemari pendingin. Gejala kerusakan ditandai dengan keluarnya warna biru gelap akibat terbentuknya asam sianida yang bersifat racun bagi manusia. Umbi singkong merupakan sumber energi yang kaya karbohidrat namun sangat miskin protein. Sumber protein yang bagus justru terdapat pada daun singkong karena mengandung asam amino metionin.

Selama ini kita mengenal ubi kayu sebagai tanaman yang mudah didapat bibitnya dan gampang dibudidayakan (dapat ditanam di lahan yang kurang subur sekali pun, risiko gagal panen 5%, dan tidak memiliki banyak hama. Di sisi lain, dibandingkan tanaman pangan pada umumnya yang rata-rata hanya berumur empat bulan, sumber energi yang kaya karbohidrat tapi miskin protein ini, umurnya lebih panjang yaitu tujuh hingga 12 bulan. Selain itu, harga jualnya terbilang rendah dan dianggap sebagai tanaman yang menguruskan tanah, karena boros mengambil unsur hara. Padahal, kondisi ini sangat tergantung kepada kesuburan tanah, produktivitas, dan pemupukan

Singkong termasuk umbi tanaman yang sangat akrab dengan kita. Hampir semua bagian tanamannya bermanfaat, sehingga sangat mudah untuk dijadikan segala macam penganan. Singkong banyak digunakan pada berbagai macam penganan, mulai dari kripik, cemilan, sayuran hingga tape. Bahkan bisa juga dibuat tepung singkong yaitu tepung tapioka yang dapat digunakan untuk mengganti tepung gandum.

Tela Krezz merupakan makanan olahan terbuat dari ketela pohon yang sedang digemari masyarakat Indonesia.
Ada beberapa varian rasa yang diberikan yaitu: BBQ, Ayam, Pizza, Keju, Pedas, Balado, Garlic, dan sebagainya.

Pada dasarnya masyarakat Indonesia sudah mengenal dan terbiasa mengkonsumsi ketela (singkong). Umumnya mereka mengkonsumsi ketela hanya digoreng, direbus,dibuat kripik saja. Sehingga produsen tidak mendapatkan kesulitan pada saat memasarkan produk tela krezz buatannya pada masyarakat Indonesia karena mereka sudah terbiasa mengkonsumsi ketela hanya saja mungkin sebagian masyarakat sedikit aneh pada varian rasa karena belum terbiasa.

Pada kasus ini tela krezz merupakan produk makanan baru bagi masyarakat Indonesia akan tetapi sebenarnya ini adalah makanan yang biasa mereka makan. Sehingga mereka dapat cepat menyukainya karena ini merupakan makanan sehai-hari masyarakat Indonesia. Hanya saja yang membedakan tela krezz dengan makanan ketela biasa adalah cara penyajian dengan aneka varian rasa.

Sehingga dengan adanya produk makanan ini sedikitnya tidak akan mengganggu budaya masyarakat Indonesia yang sudah terbiasa mengkonsumsi ketela/singkong.

Sumber : google,Wikipedia bahasa Indonesia.

Minggu, 27 Desember 2009

PERSEPSI KONSUMEN
Persepsi konsumen adalah pendapat atau pandangan konsumen akan suatu barang/produk.
Persepsi konsumen ada 2 macam yaitu :
1. Persepsi yang disadari (Supraliminal)
2. Persepsi yang dibawah sadar (Subliminal)
Stimulus adalah respon atau tanggapan konsumen terhadap suatu barang.
Contoh kasus persepsi konsumen :
Pada suatu hari puty sedang berjalan-jalan di sebuah Mall di daerah Jakarta selatan, ketika berkeliling dan melihat-lihat toko-toko di mall tersebut kemudian puty melihat salah satu toko pakaian yang menarik. Didalam toko terlihat cat dan dekorasi yang menarik,toko tersebut juga memutar lagu-lagu yang digemari puty,koleksi pakaiannya juga bagus-bagus,pelayanannya pun ramah dan didepan toko terdapat brosur besar SALE 30% yang sangat menarik minat puty untuk masuk toko itu. Setelah masuk toko dan memilih,puty memilih satu model kemeja yang akan dia beli,harga dan ukuran sudah pun cocok tetapi tiba-tiba warna kemeja yang puty inginkan tidak ada , maka dia pun memutuskan tidak membeli kemeja tersebut karna tidak cocok dengan warnanya.
Dalam kasus ini konsumen sangat memandang warna sebagai suatu hal yang berpengaruh penting dalam keputusan untuk membeli suatu barang.
Sehingga warna merupakan salah satu unsur penting dalam persepsi konsumen karna tidak semua orang memiliki kegemaran yang sama dan warna juga sering mencerminkan pribadi sang pemakai,
seperti contoh : seseorang membeli mobil berwarna hitam karna menurutnya warna hitam mencerminkan pribadi yang elegan dan mewah.

Rabu, 04 November 2009

PERILAKU KONSUMEN
Adalah tingkah laku dari konsumen, dimana mereka dapat mengilustrasikan pencarian untuk membeli, menggunakan, mengevaluasi dan memperbaiki suatu produk dan jasa mereka. Focus dari perilaku konsumen adalah bagaimana individu membuat keputusan untuk menggunakan sumber daya mereka yang telah tersedia untuk mengkonsumsi suatu barang.

Dua wujud konsumen
1. Personal Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk penggunaannya sendiri.
2. Organizational Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan dan menjalankan organisasi tersebut.

3 faktor yang mempengaruhi pilihan konsumen :
1. konsumen individu
2. pengaruh lingkungan
3. marketing srategi

Berdasarkan pada tingkat keterlibatan dan pengambilan keputusan ada empat tipe perilaku konsumen :

Proses keterlibatan tinggi :

1. Pengambilan keputusan yang kompleks
2. Kesetiaan pada suatu merek tertentu

Proses keterlibatan rendah :

3. pengambilan keputusan terbatas, dan
4. Inertia.

Production concept
Konsumen pada umumnya lebih tertarik dengan produk-produk yang harganya lebih murah. Mutlak diketahui bahwa objek marketing tersebut murah, produksi yang efisien dan distribusi yang intensif.

Product concept
Konsumen akan menggunakan atau membeli produk yang ditawarkan tersebut memiliki kualitas yang tinggi, performa yang terbaik dan memiliki fitur-fitur yang lengkap.

Selling concept
Marketer memiliki tujuan utama yaitu menjual produk yang diputuskan secara sepihak untuk diproduksi.

Marketing concept
Perusahaan mengetahui keinginan konsumen melalui riset yang telah dilakukan sebelumnya, kemudian memproduksi produk yang diinginkan konsumen. Konsep ini disebut marketing concept.

Market segmentation
Membagi kelompok pasar yang heterogen ke kelompok pasar yang homogen.

Market targeting
Memlih satu atau lebih segmen yang mengidentifikasikan perusahaan untuk menentukan.

Positioning
Mengembangkan pemikiran yang berbeda untuk barang dan jasa yang ada dalampikiran konsumen.




contoh :
Pada saat menjelang idul fitri/lebaran konsumen cenderung senang berbelanja atau membeli pakaian muslim untuk dikenakan pada saat hari raya idul fitri dan dipakai untuk berkunjung kerumah keluarga lain. kebiasaan ini dapat kita temui pada saat menjelang idul fitri di pasar-pasar,mall,pusat grosir dan toko-toko yang menjual pakaian muslim disekitar kita.
Banyaknya permintaan konsumen yang ingin membeli pakaian muslim inilah yang sering dimanfaatkan para produsen untuk memanfaatkan keadaan dengan menaikan harga jual hingga 2X lipat. namun karena kebutuhan akan pakaian muslim tersebut tetap membelinya.

Sumber : buku perilaku konsumen ,catatan dosen, google .